Berdirinya Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia

Rabu, 31 Maret 2010

Masa Orde Lama (1959-1965) tercatat sebagai masa paling gelap dalam sejarah kehidupan kebangsaan Indonesia. Persiden Sukarno mencanangkan Konsepsi Presiden yang secara operasional terwujud dalam bentuk Demokrasi Terpimpin. Demokrasi terpimpin memusatkan seluruh kekuasaan di tangan Presiden. Para pemimpin nasional Mochtar Lubis, K.H. Isa Anshari, Mr. Assaat, Mr. Sjafruddin Prawiranegara, Boerhanoeddin Harahap, S.H., M. Yunan nasution, Buya Hamka, Mr, Kasman Singodimedjo dan K.H E.Z. Muttaqin yang bersikap kritis terhadap politik Demokrasi terpimpin, ditangkap dan dipenjarakan tanpa proses pengadilan. Puncak dari masa penuh kegelapan itu ialah pecahnya pemberontakan berdarah oleh G.30.S/PKI.

Sesudah seluruh kekuatan bangsa yang anti komunis bangkit menghancurkan pemberontakan tersebut, datanglah zaman baru yang membawa banyak harapan. Yaitu era Orde Baru yang bertekad melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Pada masa inilah, para pemimpin bangsa yang dipenjarakan oleh rezim Orde Lama dibebaskan.

Para pemimpin nasionalis-Islami yang pada dasarnya tidak dapat duduk berpangku tangan, seperti Mohammad Natsir dan Prawoto Mangkusasmito mulai merancang gagasan untuk berpartisipasi penuh mendukung pemerintahan Orde Baru. Pada mulanya mereka mengharapkan pemerintah bersedia merehabilitasi Partai Politik Masyumi yang dipaksakan membubarkan diri oleh Presiden Soekarno. Musyawarah Nasional III Persatuan Sarjana Hukum Indonesia (Persahi) menyatakan: "bahwa pembubaran Masyumi, Partai Sosialis Indonesia (PSI), dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), yuridis formal tidak syah, dan yuridis material tidak beralasan". Namun, pembubaran Masyumi, ternyata bukanlah masalah hukum semata-mata Pembubaran tersebut adalah masalah politik. Oleh karena itu ketika permintaan tersebut, oleh berbagai pertimbangan tidak dapat dipenuhi oleh pemerintah, tokoh-tokoh nasionalis-Islami itu tidak ngotot, juga tidak berputus harapan.

Bagi mereka, aktivitas hidup ini semata-mata dalam rangka beribadah dan berdakwah untuk rneraih keridhaan Ilahi. Berkecimpung di lapangan politik, bagi mereka merupakan bagian dari ibadah dan dakwah. Maka ketika mereka tidak lagi mendapat kesempatan untuk berkiprah di lapangan politik, jalan ibadah clan dakwah dalam bentuk lain masih terbuka sangat lebar. Dalam kata-kata Pak Natsir, dulu berdakwah lewat jalur politik, sekarang berpolitik melalui jalur dakwah.

Demikianlah, maka pada 26 Februari 1967, atas undangan pengurus masjid Al-Munawarah, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, para alim ulama dan zu'ama berkumpul untuk bermusyawarah, membahas, meneliti, dan menilai beberapa masalah, terutama yang rapat hubungannya dengan usaha pembangunan umat, juga tentang usaha mempertahankan aqidah di dalam kesimpangsiuran kekuatan-kekuatan yang ada dalam masyarakat.
 

Musyawarah menyimpulkan dua hal sebagai berikut:

  1. Menyatakan rasa syukur atas hasil dan kemajuan yang telah dicapai hingga kini dalam usaha-usaha dakwah yang secara terus menerus dilakukan oleh berbagai kalangan umat, yakni para alim ulama dan para muballigh secara pribadi, serta atas usaha-usaha yang telah dicapai dalam rangka organisasi dakwah. 
  2. Memandang perlu (urgent) lebih ditingkatkan hasil dakwah hingga taraf yang lebih tinggi sehingga tercipta suatu keselarasan antara banyaknya tenaga lahir yang dikerahkan dan banyaknya tenaga batin yang dicurahkan dalam rangka dakwah tersebut.
Untuk menindaklanjuti kesimpulan pada butir kedua di atas, musyawarah para ulama dan zu'ama mengkonstatir terdapatnya berbagai persoalan, antara lain:


  1. Mutu dakwah yang di dalamnya tercakup persoalan penyempurnaan sistem perlengkapan, peralatan, peningkatan teknik komunikasi, lebih-lebih lagi sangat dirasakan perlunya dalam usaha menghadapi tantangan (konfrontasi) dari bermacam-macam usaha yang sekarang giat dilancarkan oleh penganut agama-agama lain dan kepercayaan-kepercayaan (antara lain faham anti Tuhan yang masih merayap di bawah tanah), Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan sebagainya terhadap masyarakat Islam. 
  2. Planning dan integrasi yang di dalamnya tercakup persoalan-persoalan yang diawali oleh penelitian (research) dan disusul oleh pengintegrasian segala unsur dan badan-badan dakwah yang telah ada dalam masyarakat ke dalam suatu kerja sama yang baik dan berencana.

Dalam menampung masalah-masalah tersebut, yang mengandung cakupan yang cukup luas dan sifat yang cukup kompleks, maka musyawarah alim ulama itu memandang perlu membentuk suatu wadah yang kemudian dijelmakan dalam sebuah Yayasan yang diberi nama Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia disingkat Dewan Dakwah. Pengurus Pusat yayasan ini berkedudukan di ibu kota negara, dan dimungkinkan memiliki Perwakilan di tiap-tiap ibukota Daerah Tingkat I serta Pembantu Perwakilan di tiaptiap ibukota Daerah Tingkat II seluruh Indonesia.

Dewan Dakwah yang dikukuhkan keberadaannya melalui Akte Notaris Syahrim Abdul Manan No. 4, tertanggal 9 Mei 1967, melandaskan kebijaksanaannya kepada empat hal:
 

  1. Yayasan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia berdasarkan taqwa dan keridhaan Allah. 
  2. Dalam mencapai maksud dan tujuannya, Dewan Dakwah mengadakan kerja sama yang erat dengan badan-badan dakwah yang telah ada di seluruh Indonesia.
  3. Dalam hal yang bersifat kontroversial (saling bertentangan) dan dalam usaha melicinkan jalan dakwah, Dewan Da'wah bersikap menghindari dan atau mengurangi pertikaian faham antara pendukung dakwah, istimewa dalam melaksanakan tugas dakwah.
  4. Di mana perlu dan dalam keadaan mengizinkan, Dewan Dakwah dapat tampil mengisi kekosongan, antara lain menciptakan suatu usaha berbentuk atau bersifat dakwah, usaha mana sebelumnya belum pernah diadakan, seperti mengadakan pilot projek dalcrm bidang dakwah.

Musyawarah alim ulama juga merumuskan program kerja sebagai penjabaran dari landasan kebijaksanaan di atas. Program kerja tiga pasal itu ialah sebagai berikut:
 

  1. Mengadakan pelatihan-pelatihan atau membantu mengadakan pelatihan bagi muballighin dan calon-calon muballighin. 
  2. Mengadakan research (penelitian) atau membantu mengadakan penelitian, yang hasilnya dapat segera diinanfaatkan bagi perlengkapan usaha para muballighin pada umumnya.
  3. Menyebarkan aneka macam penerbitan, antara lain buku-buku, brosur, dan atau siaran lain yang terutama ditujukan untuk memperlengkapi para muballighin dengan ilmu pengetahuan, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum lainnya, guna meningkatkan mutu dan hasil dakwah. Usaha ini diharapkan dapat mengisi kekosongan-kekosongan di bidang lektur, yang khusus diperlukan dalam masyarakat.

Kepengurusan Dewan Da'wah
Musyawarah juga menyetujui kepengurusan Dewan Da'wah yang untuk pertama kalinya terdiri dari:



Ketua : Mohammad Natsir
Wakil Ketua : Dr. H.M. Rasjidi
Sekretaris : H. Buchari Tamam
Sekretaris II : H. Nawawi Duski
Bendahara : H. Hasan Basri
Anggota : K.H. Taufiqurrahman
: Mochtar Lintang
: H. Zainal Abidin Ahmad
: Prawoto Mangkusasmito
: H. Mansur Daud Datuk Palimo Kajo
: Prof. Osman Raliby
: Abdul Hamid


Pada tahun 1983, karena banyak anggota pengurus yayasan yang wafat, dilakukan penyegaran kepengurusan sehingga komposisinya menjadi sebagai berikut:
Ketua : Mohammad Natsir
Wakil Ketua I : Dr. H.M. Rasjidi
Wakil Ketua II : H.M. Yunan Nasution
Wakil Ketua III : Dr. Anwar Harjono, S.H.
Sekretaris : H. Buchari Tamam
Wakil Sekretaris : H. Nawawi Duski
Bendahara : K.H. Hasan Basri
Anggota : 
  1. Boerhanoeddin Harahap, S.H.
  2. K.H.A. Malik Ahmad
  3.   Prof. Osman Raliby
  4. Ir. Ahmad Mas'oed Luthfi

Pada tahun 1989, kembali dilakukan penyegaran kepengurusan, menjadi sebagai berikut:

Ketua : Mohammad Natsir
Wakil Ketua I : Dr. H.M. Rasjidi
Wakil Ketua II : H.M. Yunan Nasution
Wakil Ketua III : Dr. Anwar Harjono, S.H.
Sekretaris : H. Buchari Tamam
Wakil Sekretaris : Hasanuddin Abu Bakar
Bendahara : K.H. Hasan Basri
Anggota : 
  1. K.H. Abdul Malik Ahmad.
  2.   Prof. Osman Raliby
  3.   Ir. Ahmad Mas'oed Luthfi
  4.   K.H. Sholeh Iskandar
  5.   K.H.M. Rusjad Nurdin
  6.   Mohammad Soleiman
  7.   Drs. Saifullah Mahyuddin, M.A.
  8.   Ir. Soleh Widodo, M.Ed
  9.   H. Hussein Umar
  10.   Abdul Wahid Alwi, M.A.

Setelah M. Natsir wafat pada 14 Sya'ban 1413/6 Februari 1993, berdasarkan hasil Pertemuan Silaturrahmi Keluarga Besar Dewan Dakwah yang diselenggarakan di Jakarta pada 1-2 Dzulqa'idah 1413/23-24 April 1993, diputuskan komposisi kepengurusan sebagai berikut:
 

Ketua I : Prof. Dr. H.M. Rasjidi
Ketua II : H.M. Yunan Nasution
Ketua III/Harian : Dr. Anwar Harjono, S.H.
Ketua IV : K.H.M. Rusjad Nurdin
Sekretaris : H. Buchari Tamam
Wakil Sekretaris : H. Hasanuddin Abu Bakar
Bendahara : H. Moh. Nazief, S.E.
Anggota : 
  1. K.H. Hasan Basri
  2.   H. A. Wahid Alwi, M.A.
  3.   Ir. Ahmad Mas'oed Luthfi
  4.   Drs. Saifullah Mahyuddin, M.A.
  5.   Mohammad Soleiman
  6.   H. Hussein Umar.
  7.   K.H.A. Malik Ahmad
  8.   Prof. Osman Raliby
  9.   K.H.A. Latief Muchtar, M.A.
  10.   K.H. Drs. Didin Hafidhuddin, M.Sc.
  11.   K.H. Affandi Ridhwan
  12.   Dr. H.M. Amien Rais, M.A.

Penyegaran kepengurusan kembali dilakukan pada tahun 1997. Berdasarkan SK No. 003 / A-DDIIP / 1417 / 1997, ditetapkan komposisi kepengurusan sebagai berikut:
 

Ketua Umum : Dr. H. Anwar Harjono, S.H.
Ketua : Prof. Dr. H.M. Rasjidi
Ketua : K.H.M. Rusjad Nurdin
Wakil Ketua : Mohammad Soleiman
Wakil Ketua : Drs. H.M. Cholil Badawi
Wakil Ketua : Ir. H.A.M. Luthfi
Wakil Ketua : H. Hartono Mardjono, S.H.
Wakil Ketua : Dr. Ir. H.A.M. Saefuddin
Sekretaris Umum : H. Hussein Umar
Sekretaris : H. Hasanuddin Abu Bakar
Sekretaris : H. Mas'adi Sulthani, M.A.
Sekretaris : H.M. Noer, M.A.
Bendahara : H.M. Nazief, S.E.
Wakil Bendahara : H. Tamsil Linrung
Anggota : 
  1. K.H. Hasan Basri
  2. Prof. H. Osman Raliby
  3. H.A. Wahid Alwi, M.A.
  4. K.H.A. Latief Muchtar, M.A.
  5. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc.
  6. K.H. Affandi Ridhwan
  7. Dr. H.M. Amien Rais, M.A.
  8. H. Muzayyin Abdul Wahab, Lc
  9. H. Wardi Kamili
  10. H. Ramlan Mardjoned
  11. H. Heman Khalilulrahman
  12. H. Amlir Syaifa Yasin
  13. H. Syuhada Bahri
  14. H. Syariful Alamsyah, Lc
  15. Drs. H. Misbach Malim, Lc
  16. H. Zulfi Syukur
  17. H. Amlika Hs. Dt. Maradjo
  18. H. Hardi M. Arifin
  19. Ramli Hutabarat, S.H., M.Hum
  20. Drs. Muhsin, MK
  21. H. Mazni Mohd. Yunus, Lc
  22. Prof. Dr. A. Rahman Zainuddin
  23. H. Abdul Wahid Sahari, M.A.
  24. Prof. Drs. H. Dochak Latief
  25. H. Faisal Baasir, S.H.
  26. H. Fadhol Arofah, M.A.
  27. H. Farid Prawiranegara, AK.
  28. H. Geys Amar, S.H.
  29. Prof. Dr. H. Hasan Langgulung
  30. K.H.A. Khalil Ridwan, Lc
  31. Dr. Ir H. Imaduddin Abdulrahim
  32. Dr. H. Kuntowijoyo
  33. Drs. H. Mohammad Siddiq, M.A.
  34. Prof. H. Daud Ali, S.H.
  35. Dr. H. Muslim Nasution
  36. H. Moeslim Aboud Ma'ani, M.A.
  37. H. Nuhtada Labina
  38. Dr. H. Nurhay Abdurrahman
  39. Drs. H. Nursal
  40. Drs. H. Nurul Huda
  41. H. Rais Ahmad, S.H., M.A.
  42. H. Rusydi, S.H., S.Ag.
  43. Dr. H. Sohirin Mohammad Sholihin
  44. Drh. H. Taufiq Ismail
  45. Dr. H. Yahya Muhaimin, M.A
  46. Dr. H. Yusril Ihza Mahendra, S.H.
  47. Prof. Dr. H. Yusuf Amir Feisal.

Badan Pembina, Pengawas dan Pengurus Dewan Da'wah
Berdasarkan keputusan Musyawarah Besar Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia yang dilaksanakan di Bogor tanggal 22 s/d 25 Agustus 2005 dan disesuaikan dengan undang-undang yayasan yang baru, dibentuk susunan Badan Pembina, Pengawas dan Pengurus Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia periode 2005 s/d 2010 sebagai berikut :
 

Badan Pembina
Ketua : Drs. H.M. Cholil Badawi
Wakil Ketua : Ir. H.A.M. Luthfi
Wakil Ketua : K.H. Nadjih Ahjad
Anggota : 

  1. Prof. DR. H.A.M. Saefudin
  2. K.H. Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i
  3. Drs. H. Anwar Saleh
  4. K.H. Abdul Wahid Sahari, MA
  5. K.H. Dadun Abdul Qahar
  6. Dr. H. Didin Hafiduddin, M.Sc
  7. DR. Ir. H.M. Imaduddin A.R 
  8. Prof. DR. Jusuf Amir Feisal 
  9. Rusydi Hamka 
  10. KH. Shiddiq Amin 
  11. Drh. Taufiq Ismail
  12. Prof. DR. Yahya A. Muhaimin
  13. Yudo Paripurno, SH
  14. DR. Zuhal Abdul Qadir

Badan Pengawas
Ketua : Drs. Mohammad Siddik
Anggota : DR. H. Saifudin Bachrun
: Ir. H. Ahmad Fauzi Natsir
: Farid Prawiranegara, MBA
: Drs. Zulkifli Hasan

Pengurus Harian
Ketua Umum : Hussein Umar
Ketua : KH. A. Khalil Ridwan
Ketua : H. Mas’adi Sulthani, MA
Ketua : DR. H. Mohammad Noer
Ketua : Adian Husaini, MA
Ketua : DR. Daud Rasyid
Ketua : H. Ramlan Mardjoned
Ketua : H. Syuhada Bahri
Ketua : Hj. Ida Farida Natsir
Sekretaris Umum : H. Abdul Wahid Alwi, MA
Sekretaris : H. Muzayyin Abdul Wahab, Lc
Sekretaris : H. Amlir Syaifa Yasin, MA
Sekretaris : H. Hardi M. Arifin
Sekretaris : Zahir Khan, SH. Dipl. TEFL
Sekretaris : H. Syariful Alamsyah, Lc
Sekretaris : Drs. H. Misbach Malim, Lc. M.Sc
Sekretaris : Mohammad Avid Solihin, MM
Sekretaris : Dra. Hj. Andi Nurul Jannah, Lc
Bendahara : H. Edi Setiawan
Wakil Bendahara : H. Makmun Daud
Wakil Bendahara : Dra. Hj. Irmawati M. Nazief

Pada tanggal 19 April 2007, Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Bapak Hussein Umar wafat, kemudian berdasarkan rapat Badan Pembina diputuskanlah susunan Pengurus Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia pengganti antar waktu sampai tahun 2010 yang susunannya adalah sebagai berikut :
 

Ketua Umum : H. Syuhada Bahri
Ketua : KH. A. Khalil Ridwan
Ketua : H. Mas’adi Sulthani, MA
Ketua : DR. H. Mohammad Noer
Ketua : Adian Husaini, MA
Ketua : DR. Daud Rasyid
Ketua : H. Ramlan Mardjoned
Ketua : H. Syariful Alamsyah
Ketua : Hj. Ida Farida Natsir
Sekretaris Umum : H. Abdul Wahid Alwi, MA
Sekretaris : H. Muzayyin Abdul Wahab, Lc
Sekretaris : H. Amlir Syaifa Yasin, MA
Sekretaris : H. Hardi M. Arifin
Sekretaris : Zahir Khan, SH. Dipl. TEFL
Sekretaris : H. Suwito Suprayogi
Sekretaris : Drs. H. Misbach Malim, Lc. M.Sc
Sekretaris : Drs. Avid Solihin, MM
Sekretaris : Dra. Hj. Andi Nurul Jannah, Lc
Bendahara : H. Edi Setiawan
Wakil Bendahara : H. Makmun Daud
Wakil Bendahara : Dra. Hj. Irmawati M. Nazief

Visi dan Misi
Visi Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia adalah untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang Islami dengan menggiatkan dan meningkatkan mutu da’wah di Indonesia


Misi Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia adalah :
  1. Menanamkan Aqidah dan menyebarkan pemikiran Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah 
  2. Membendung pemurtadan, ghazwul fikri dan harakah haddamah
  3. Menyiapkan du’at untuk berbagai tingkatan sosial kemasyarakatan dan menyediakan saranadalam upaya meningkatkan kualitas da’wah
  4. Membina kemandirian ummat dan menyadarkan mereka atas kewajiban da’wah
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama serta koordinasi ke arah realisasi amal jama’i
  6. Membangun solidaritas Islam Internasional dan turut serta menciptakan perdamaian dunia

Alamat Kantor Pusat dan Cabang Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia
Gedung Menara Da’wah
Jl. Kramat Raya No. 45 Jakarta 10450
Telp. (021) 3909059, 3900201, 39899323, 39899324 (Hunting)
Fax. (021) 3908203, 3103693
Website : www.dewandakwah.com
Email : sekretariat@dewandakwah.


Perwakilan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia di Seluruh Indonesia
NANGGROE ACEH DARUSSALAM
Jl. T. Nyak Arief No. 159
(Depan Masjid Brimob) Jeulingke, Banda Aceh
Telp. (0651) 74009410
Fax. (0651) 7551070
B A N T E N
Komplek Ciceri Indah Blok D/10
Serang – 42118
Telp. (0254) 200191
SUMATERA UTARA
Jl. Brigjend. Katamso No. 325
Medan – Sumatera Utara 20159
Telp. (061) 4565055
Fax. (061) 4565055
DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 45 Jakarta 10450
Telp. (021) 3909647 Fax. (021) 3909342
R I A U
Jl. Todak/Gang Udang Putih No. 1
(Kantor IKMI Koorwil Riau) Pekanbaru
Telp. (0761) 7047378
JAWA BARAT
Jl. Pungkur No. 151 Bandung – 40251
Telp (022) 4235406 Fax. (021) 4235406
B A T A M
Gedung Ibnu Sina
Jl. Teuku Umar Lubuk Baja – Batam
Telp. (0778) 422247, 458394
JAWA TENGAH KANTOR SEMARANG
Jl. MT. Haryono No. 6 Semarang – 50127
Telp. (024) 557147 Fax. (024) 557147
SUMATERA BARAT
Jl. Srigunting No. 2 Air Tawar Barat, Padang
Telp. (0751) 7053072
Fax. (0751) 7053072
D.I. YOGYAKARTA
Jl. Ipda Tut Harsono (Timoko) No. 3A Mujamuju, Yogyakarta
J A M B I
Jl. Soekarno-Hatta RT. 34 No. 57
Kel. Tambak Sari,
Jambi Selatan - 36138
JAWA TIMUR
Jl. Purwodadi Raya 86-88 Surabaya – 60171
Telp. (031) 3575337 Fax. (031) 5312133
SUMATERA SELATAN
Gedung YPU 24 Ilir, Jl. Brigjend. Dani Effendi (d/h Jl. Radial) No. 303 Palembang 30134
Telp. (0711) 366106
B A L I
Jl. Serma Repot No. 4 Sanglah, Denpasar
BENGKULU
Masjid Al-Kautsar, Jl.Kapuas III RT. 15
Padang Harapan, Bengkulu 38225
Telp. (0736) 342637
Fax. (0736) 342637
KALIMANTAN TENGAH
Jl. MT. Haryono No. 103 Sampit 
Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah
Telp. (0531) 6709988
L A M P U N G
Masjid Al Munawwarah Lt. II, 
Jl. Imam Bonjol GG. Beringin No. 23 Lebak Manis, Suka Jawa,
Bandar Lampung – 35157
Telp. (0721) 252527
Fax. (0721) 252527
KALIMANTAN BARAT
d/a Komp. Perguruan Ishlah Baitul Mal (IBM), 
Jl. H. Rais A. Rahman Gg. Lawu, Pontianak
KALIMANTAN SELATAN
Masjid Hasbunallahu Wanikmal Wakil,
Jl. P. Antasari Gg. Hasanuddin No. 28, 
Banjarmasin
KALIMANTAN TIMUR
Jl. Pandan Harum D/81 Perumahan Erliza, Samarinda
GORONTALO
Jl. Andalas No. 124 Kota Gorontalo
Telp. (0435) 830703
NUSA TENGGARA BARAT
Jl. Taruna No. 5 Kediri, Lombok Barat
NUSA TENGGARA TIMUR
Jl. Soekarno No. 24 Kupang
Telp. (0380) 831393
NUSA TENGGARA TENGAH
Jl. Imam Bonjol No. 6 Bima
SULAWESI SELATAN
Jl. Yos Sudarso Lorong 153/26 A
Makassar – 90231
SULAWESI TENGAH
Jl. Sungai Lonti No. 60 Palu – 94222
SULAWESI UTARA
Jl. TVRI Kel. Banjer - Lingkungan V
Manado – 95125
SULAWESI TENGGARA
Jl. Kalenggo No. 13 Kendari - 93117
MALUKU UTARA
Jl. Zainal Abidin Syah, Soasio, Tidore, 
Halmahera Tengah, Maluku Utara
MALUKU TENGAH/TENGGARA & AMBON
Islamic Centre, Jl. Sultan Babullah
Ambon – 97126
P A P U A
Jl. Nowari No. 95 Merauke, Papua
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Jl. Parit Lalang No. 1
(Komplek Al Qalam)
Kel. Parit Lalang Kec. Rangkui
Pangkalpinang

0 comments: